UMKM Go Online

Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan delapan juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) “go online” dengan mendorong kerja sama antara pelaku UMKM dengan sejumlah pemain e-commerce, serta menyediakan satu juta domain gratis guna menyosong ekonomi digital.

Indonesia siap menyongsong era digital ekonomi. Visi Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Untuk itu, pengembangan ekonomi digital UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan menyumbang 58 persen PDB menjadi sangat penting.

Guna mendukung program 8 juta UKM go online tersebut, pemerintah melakukan sejumlah upaya. Selain mendorong kerja sama antara UMKM dengan sejumlah pemain e-commerce, pemerintah juga menyediakan satu juta domain gratis. Untuk 2016 ditargetkan 350 ribu domain.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah melakukan sejumlah upaya di antaranya program sejuta petani dan nelayan go online, menciptakan 1.000 teknopreneur hingga 2019 nanti, dan mengembangkan desa broadband terpadu (DBT).

Dari sisi infrastruktur, kementerian juga telah meluncurkan pembangunan proyek palapa ring yang akan menjadikan seluruh kabupaten kota pada 2019 terkoneksi broadband internet.

Melalui pemanfaatan teknologi untuk memasarkan produknya ini, diharapkan pendapatan para UMKM bisa meningkat tiga sampai empat kalipat seperti hasil kajian yang pernah dilakukan Kominfo.

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.