Indonesia Tuan Rumah Forum Ekonomi Islam Dunia ke-12

Konferensi Tingkat Tinggi Forum Ekonomi Islam Dunia ke-12 pada 2 – 4 Agustus 2016 kembali dipercayakan kepada Indonesia sebagai tuan rumah. Konferensi akan diadakan di Jakarta Convention Center dengan tema “Desentralisasi Pertumbuhan, Memberdayakan Bisnis Masa Depan”.

Selain Jokowi, sebagai pembuka acara. enam kepala negara maupun setingkat kepala negara juga dipastikan ikut menghadiri upacara pembukaan tersebut, antara lain Perdana Menteri Malaysia Dato’ Sri Najib Tun Abdul Razak, Presiden Republik Tajikistan Emomali Rahmon, Presiden Republik Guinea Alpha Conde, Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Shriyan Wickremenshinghe, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perdagangan Kerajaan Yordania Jawad Al Anani, serta Presiden Bank Pembangunan Islam (IDB) Ahmad Mohamed Ali, ialah para kepala negara atau pejabat tinggi yang telah mengonfirmasi akan hadir.

Peserta yang hadir diperkirakan akan mencapai 3.000 orang, termasuk 110 pembicara. Para delegasi dari 69 negara dan 152 undangan, termasuk para pemimpin dunia, 51 pembicara forum, 55 pembicara program pelengkap, dan 16 pelaku pertukaran bisnis akan menghadiri Konferensi tersebut.

Dalam forum tersebut, beberapa tema akan dibahas, diantaranya seperti; pemberdayaan dan peningkatan daya tahan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) di tengah situasi ekonomi global yang masih lesu, pembiayaan infrastruktur, bagaimana keuangan di dunia Islam, industri halal, busana muslim, serta pariwisata syariah.

Dengan hadirnya para pemimpin pemerintahan, pemimpin industri, akademisi, tenaga ahli, dan pelaku usaha profesional dimana mereka nantinya akan berbagi ilmu dan praktik terbaiknya, akan memberikan manfaat besar bagi dunia usaha apabila bisa bergabung di forum itu, terutama UKM dan para pengusaha muda. Karena Konferensi ini tidak hanya jadi konfrensi bisnis, tapi juga akan fokus pada pasar dan mempertemukan para pebisnis.

Dari berbagai sumber.

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.